Bulu Hewan Kesayanganmu Rontok? Yuk Lihat Gimana Cara Merawatnya!

...

Pawrents yang punya hewan seperti kucing atau anjing, pastinya selalu bertemu dengan bulu-bulu hewan yang menempel di kasur, sofa, karpet, bahkan baju. Nah, kadang bulu rontok berlebihan itu tidak baik lho buat kesehatan hewan kamu dan tidak bagus juga untuk pernapasan kita.

Untuk membahas agar bulu hewan tidak mudah rontok kali ini akan Kibble bantu menjelaskan, gimana sih cara merawat bulu hewan kesayanganmu jika bulu mereka rontok?

Merawat bulu mereka melalui nutrisi

Berilah mereka makanan yang sehat dan bergizi, gak hanya pawrents yang gizinya harus seimbang tetapi hewan kamu juga perlu. Seperti memberi mereka makanan yang mengandung bahan seperti daging yang gampang dicerna, karena jika ada makanan yang susah dicerna bisa menyebabkan kerontokan pada hewan pawrents.

Memandikan dan menyikat bulu hewan

Mandi yang bersih dan menyisir bulu hewan yang benar adalah hal yang penting, untuk itu kita perlu memandikan hewan kamu seminggu sekali tergantung jenis atau breed hewan kalian. Dengan grooming inilah hewan pawrents bisa membuang bulu rontok dan mendistribusikan ulang minyak ke bulu para hewan. 

Gunakan shampoo yang sesuai 

Saat mandi berikan shampoo yang sesuai dengan bulu hewan seperti untuk rontok, kulit sensitif, kutu dan lain-lain. Jika tidak sesuai dengan keadaan bulu hewan kamu itu bisa jadi penyebab kenapa bulu hewan pawrents rontok.

Beri suplemen

Pawrents juga bisa memberi suplemen asam lemak seperti omega 3 untuk hewan kalian. Suplemen asam lemak bagus untuk perawatan bulu hewan pawrents, tetapi berikan dengan dosis yang sesuai atau sebelumnya kalian bisa langsung konsultasi ke vet

Menjaga Mood

Selalu perhatikan mood hewan pawrents dan yang pastinya mengajak mereka main agar mereka tidak stress yang bisa menyebabkan bulu hewan mudah rontok. 

Sedia Air Bersih

Selalu sedia air bersih agar mereka tidak dehidrasi dan bulu tidak gampang rontok. Pawrents juga bisa nih kasih hewan kalian cuka apel atau air lemon, karena mereka mengandung antibakteri alami yang bagus untuk bulu hewan.

Lalu, untuk mengetahui seberapa sering anjing atau kucing pawrents dimandikan yang berdasarkan breednya. Berikut penjelasannya:

  • Dog Short Hair: seperti Boston Terriers, Dobermans, Pinscher, Staffordshire, Bull Terrier, Pugs membutuhkan mandi biasanya 4-6 minggu sekali.
  • Dog Long Hair: seperti Golden Retrievers, Labrador Retrievers, Shiba Inu, Australian Shepherds, Huskies, Havanese, Pomeranians membutuhkan 2-3x mandi dalam setahun, tetapi mereka tetap harus sering disisir 1-3x dalam seminggu.
  • Curly and wavy dogs: seperti Poodles, American Water Spaniels, Curly coated Retrievers Bichon Frise membtuhkan mandi minimal 1x dalam sebulan.
  • Untuk kucing bisa diperhatikan dari bermainnya kucing. Jika kucing pawrents aktif bermain di luar maka mereka membutuhkan mandi yang lebih sering kurang lebih 2x dalam seminggu.
  • Kucing yang berbulu tebal dan lebat membutuhkan perawatan yang lebih banyak tergantung dengan kegiatannya. Bila kucing pawrents bermain di indoor mereka hanya membutuhkan mandi sekiranya 4 minggu sekali.
  • Kucing yang aktivitasnya banyak juga perlu sering dimandikan
  • Apabila kucing pawrents sedang mengalami sakit seperti kutu, ringworm, jamur, atau perawatan khusus, kalian bisa memandikan mereka seminggu sekali.

Itu dia pawrents cara-cara merawat atau mencegah bulu rontok pada hewan kesayangan di rumah dan kapan saja hewan peliharaan kalian dimandikan. Jika sudah melakukannya pencegahan tetapi masih tetap rontok atau mempunyai masalah bulu lain, kalian bisa segera hubungi vet terdekat ya bisa juga kalian daftar lewat website kita ya di Kibble.id!


 

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/tips-mengatasi-bulu-anjing-yang-sering-rontok

https://m.merdeka.com/jatim/5-cara-mengatasi-bulu-kucing-rontok-secara-aman-dan-efektif-ketahui-penyebabnya-kln.html

 

Terakhir update: 14 January 2022
Penulis: admin