Cara mengatasi kucing atau anjing yang berkutu

...

Mempunyai anjing dan kucing adalah hal yang menyenangkan bagi kita semua, untuk itu kita perlu menjaga kesehatan mereka juga. Tidak hanya manusia yang terkena kutu, secara gak sadar anjing maupun kucing pawrents dapat terkena kutu, itu bisa jadi karena mereka terlalu lama bermain di luar atau tertular dari binatang lain yang bermain bersama mereka. 

Kutu pada kucing dan anjing dapat membahayakan kulit mereka, karena kutu gampang menyebabkan mereka terkena penyakit. Oleh karena itu Kibble akan jelaskan bagaimana cara mengatasi kutu terhadap kucing dan anjing.

Anjing dan Kucing yang terkena kutu: 

  • Saat memandikan peliharaan pawrents wajib memakai shampoo anti kutu yang dapat membantu mengurangi kutu pada hewan. pawrents bisa memandikan hewan peliharaan seminggu sekali untuk lebih cepat menghilangkan kutu. Kalian juga bisa menambahkan larutan air garam untuk memandikan kucing dan anjing, yang bisa sekalian menghilangkan larva atau telur kutu.
  • Apabila shampoo juga tidak mempan, obat kutu untuk kucing atau anjing bisa jadi alternatif untuk mengobatinya. Sebelum memakai obatnya kalian bisa melihat aturan pemakaian dan ukuran dari peliharaan kalian.
  • Selain obat kutu, pawrents bisa banget nih memakai minyak telon untuk menghilangkan kutu pada kucing. Kalian bisa oleskan pada bagian yang paling banyak kutu, dan pastikan kucing pawrents jangan sampai menjilat minyak telonnya ya.
  • Jus lidah buaya ternyata bisa juga lho untuk menghilangkan kutu pada kucing. Caranya juga gampang banget, pawrents tinggal blender lidah buaya dan tambahkan sedikit cabai rawit. Setelahnya bisa taruh dibotol dan semprotkan pada bulu kucing.
  • Khusus untuk anjing minyak kelapa bisa juga dijadikan obat untuk anjing yang berkutu. pawrents tinggal mengoleskan pada bulu anjing dengan ukuran satu sendok teh, selain untuk kutu minyak kelapa juga membuat bulu anjing lebih bersinar dan mengurangi bau. lalu, minyak kelapa bisa juga dimasukan ke makanan anjing untuk mencegah adanya parasit di perut.
  • Daun mimba juga bisa membuat kutu menghilang karena mereka tidak menyukai baunya. Pawrents bisa memakai daun ini dengan cara merebusnya dan memandikan anjing dengan airnya. 
  • Herbal lainnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan kutu pada kucing dan anjing, pawrents bisa berikan mereka cuka apel, air lemon, air cuka, dan lavender. Semua dipakai dengan cara menyemprotkan pada bulu mereka. Untuk anjing cuka apel bisa dimasukin kedalam minuman mereka dengan ukuran satu sendok teh pada setiap empat gelas minuman.
  • Sering menyisir bulu kucing atau anjing dapat menghilangkan kutu yang ada dipermukaan bulu, beli sisir yang bergigi rapat dan cocok untuk bulu peliharaan pawrents.
  • Vaksin juga salah satu alternatif yang sangat baik agar kucing tidak gampang terkena kutu. pawrents bisa bertanya kepada vet tentang vaksin yang bagus untuk si kucing.
  • Membersihkan kandang juga diperlukan agar mereka terhindar dari kutu, karena daerah yang lembab dapat membuat munculnya kutu. Selain kandang, rumah pawrents tidak boleh lembab.

Jika sudah melakukan hal-hal yang diatas dan kutu masih ada pada anjing atau kucing pawrents, kalian bisa langsung mengunjungi vet terdekat atau daftar grooming/mandi kutu lewat web kita di kibble.id!



 

Sumber:

https://www.ruparupa.com/blog/cara-ampuh-menghilangkan-kutu-anjing/

https://m.kapanlagi.com/plus/10-cara-menghilangkan-kutu-anjing-secara-alami-aman-dan-ampuh-900055.html

https://m.dekoruma.com/artikel/125440/cara-menghilangkan-kutu-kucing

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/18/124600176/cara-mengobati-dan-mencegah-kucing-kutuan?page=all#page2

 

Terakhir update: 14 January 2022
Penulis: admin