Apakah Anjing Boleh Memakan Makanan Kucing? dan Bagaimana dengan Sebaliknya?

...

Apakah anjing boleh memakan makanan kucing? Dan bagaimana dengan sebaliknya? Banyak dari pawrents yang masih bingung akan permasalahan ini. Terlebih jika kamu memelihara kucing dan anjing dalam waktu yang sama. Pasti akan terbersit keinginan untuk memberi mereka makan sekaligus agar tidak terlalu rinet. Toh, mereka juga suka makanan mereka.

Ups, tapi ternyata hal ini salah besar loh, Pawrents! Kita tidak boleh sembarangan memberikan makanan kucing untuk si anjing, dan begitu juga sebaliknya. Mengapa bisa demikian?

Yaps, karena mereka memiliki kebutuhan makanan yang berbeda. Seekor anjing tidak boleh diberi makanan kucing karena kandungan nutrisi dari makanan kucing tidak tepat dan optimal untuk anjing. Kucing adalah hewan karnivora, sehingga makanan kucing hampir secara eksklusif terdiri atas daging dan kandungan protein yang tinggi. Makanan kucing cenderung tinggi lemak, kalori, dan protein. Artinya, ini tidak ideal untuk anjing. Di sisi lain, anjing adalah hewan omnivora dan membutuhkan diet yang jauh lebih seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Sebaliknya, makanan anjing dinilai kurang mengandung nutrisi untuk dimakan kucing. Makanan anjing kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan kucing untuk hidup sehat dan panjang umur. Ingat, kucing adalah karnivora, artinya mereka makan daging secara eksklusif. Tanpa jumlah protein yang tepat, kucing kehilangan massa otot dan menjadi lesu.

Di sisi lain, anjing dengan perut sensitif mungkin akan mengalami gangguan pencernaan, sakit, dan diare saat mengonsumsi makanan kucing. Anjing yang diberi makan makanan kucing secara teratur berisiko lebih besar mengalami obesitas dan pankreatitis, yaitu peradangan pada organ yang membantu proses pencernaan. ejala pankreatitis meliputi sakit perut, punggung bungkuk, lesu, lemas, kehilangan nafsu makan, muntah, diare, perut buncit, dan demam. 

Jadi bagaimana solusinya? Kamu harus selalu memisahkan atau menjauhkan makanan kucing dari jangkauan anjing, dan sebaliknya. Jika kamu menduga bahwa anjingmu telah mengonsumsi makanan kucing dalam jumlah banyak, kamu harus berkonsultasi dengan dokter hewan, dan begitu pula sebaliknya. Ingat, mereka punya kebutuhan nutrisi yang berbeda. Jadi pastikan untuk selalu membedakan makanan mereka dengan teliti ya!

 

 

credit: https://oviedoautorepair.com

Terakhir update: 22 April 2022
Penulis: Admin Kibble